Rentcar MaC
Cari iklan
Mau iklan?

Peti Kemas Palaran Kota Samarinda Masih Menunggu Lahan, IKN Butuh Pelabuhan Penyangga

Peti Kemas Palaran Kota Samarinda Masih Menunggu Lahan, IKN Butuh Pelabuhan Penyangga

--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Seperti yang telah ditetapkan, Kota Samarinda masuk dalam konsep pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Bahkan, Kota Tepian ini telah ditetapkan sebagai kota penyangga yang diusung sebagai 3 cities connected, diantaranya yakni Balikpapan - IKN - Samarinda.

 

Dikarenakan pemangku kebijakan daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda juga tak kalah semangat menyokong pembangunan IKN untuk tumbuh bersama masyarakat .

 

"Salah satu infrastruktur strategis dalam mendukung IKN adalah pelabuhan. Kita sudah memiliki PT Pelabuhan Peti Kemas Samudera Palaran, namun dengan perkembangan IKN nanti, praktisnya kita pasti butuh pengembangan. Karena dari tahun ke tahun sejak 2010 sampai 2023 saja sudah hampir mencapai 300 ribu fasilitas di Pelabuhan Palaran," sambung Andi Harun, Sabtu Siang.

 

 

Selain itu, Andi Harun menjelaskan bahwa untuk membangun pelabuhan penumpang sebagai penunjang mestinya membutuhkan tambahan lahan.

 

Di tempat lain, Walikota Samarinda Andi Harun beserta jajarannya melakukan peninjauan ke berbagai lokasi yang dicanangkan sebagai pelabuhan penumpang dengan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) baru, yakni di PT Pelabuhan Peti Kemas Samudera Palaran di Kelurahan Bukuan pada hari ini.

 

Termasuk dua lokasi lainnya yang berkesinambungan adalah lahan di Jalan Kelapa RT 08 di Kecamatan Palaran, dan Kawasan Balik Buaya di Batuas yang berjarak 8 kilometer dari Pelabuhan Peti Kemas yang dibangun.

 

Sumber: