Rentcar MaC
Mau iklan?

Tiongkok dan Myanmar Berada di Puncak Agenda saat Pemimpin Asia Tenggara Bertemu di Australia

Tiongkok dan Myanmar Berada di Puncak Agenda saat Pemimpin Asia Tenggara Bertemu di Australia

KTT Asean-Erwin Irvandi Putra-bisnis.com

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Saat pemimpin-pemimpin Asia Tenggara berkumpul di Australia untuk KTT langka minggu ini, fokus utama diperkirakan akan jatuh pada Tiongkok yang semakin tegas dan krisis kemanusiaan di Myanmar.

KTT Khusus ASEAN-Australia yang dimulai di Melbourne pada hari Senin ini menandai 50 tahun sejak Australia menjadi mitra resmi pertama blok Asia tersebut.

Pemimpin dari sembilan dari sepuluh anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara diharapkan hadir dalam pertemuan tiga hari ini, dengan Myanmar dikecualikan dari perwakilan politik karena kegagalannya dalam mengatasi kekerasan di negara tersebut sejak junta militer merebut kendali pada tahun 2021. Pemimpin Timor Timur diundang sebagai pengamat resmi ASEAN dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengundang rekan sejawatnya dari Selandia Baru ke Melbourne untuk bertemu dengan para pemimpin regional.

"Australia melihat ASEAN sebagai pusat wilayah yang stabil, damai, dan sejahtera," kata Albanese dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

"Memperkuat hubungan kami memastikan kemakmuran dan keamanan masa depan bersama," tambahnya.

Australia telah menjadi tuan rumah pemimpin ASEAN sekali sebelumnya di Sydney pada tahun 2018. Pemimpin-pemimpin tersebut mengeluarkan pernyataan bersama dengan negara tuan rumah saat itu yang menyerukan kode perilaku yang mencakup perairan sengketa Laut China Selatan, di mana Tiongkok semakin tegas atas klaim wilayah bersaingnya dengan sejumlah negara ASEAN.

Australia dan Filipina, anggota ASEAN, melakukan patroli laut dan udara bersama di Laut China Selatan untuk pertama kalinya pada bulan November tahun lalu.

BACA JUGA:Kekhawatiran Meningkat tentang Berita Palsu dan Dampaknya pada Masyarakat

Juga pada bulan November, Australia mengusulkan kepada anggota ASEAN untuk menyatakan dalam pernyataan bersama pada akhir KTT Melbourne dukungan mereka untuk putusan arbitrase tahun 2016 di Den Haag yang mendukung Filipina dan membatalkan klaim wilayah luas Beijing di Laut China Selatan, Australian Broadcasting Corp mengatakan pada bulan Desember. Tiongkok menolak putusan itu.

Negara-negara ASEAN lainnya dengan klaim wilayah yang bertentangan dengan Tiongkok adalah Brunei, Malaysia, dan Vietnam.

Posisi Tiongkok yang semakin tegas di Laut China Selatan dan kekerasan di Myanmar mendominasi pertemuan diplomat ASEAN pada bulan Januari di Laos, negara termiskin dalam kelompok tersebut, yang telah mengambil alih kepemimpinan yang berputar tahun ini.

Wakil Direktur Program Asia International Crisis Group, Huong Le Thu, yang hadir dalam KTT di Australia, mengatakan bahwa ASEAN selalu terpecah belah dalam pendekatan terhadap Tiongkok, dengan setiap anggota menjaga hubungan bilateral yang unik dengan raksasa ekonomi tersebut.

“Saya tidak melihat kesamaan pendekatan yang memungkinkan. Mereka sedang mencari cara terbaik untuk mengelola ketidakseimbangan kekuatan yang mereka miliki dengan Tiongkok,” kata Le Thu.

Krisis kemanusiaan di Myanmar yang melanda KTT tersebut menantang kredibilitas ASEAN sebagai sebuah organisasi, katanya.

“Itu mempertanyakan keberadaannya pada awalnya: mengapa pemerintah-pemerintah negara-negara di kawasan berkumpul dan apa tujuan dari lembaga antarpemerintah ini jika tidak dapat bertindak atas krisis internal yang mempengaruhi organisasinya sendiri dan wilayah tersebut?” kata Le Thu.

Sekitar 200 demonstran, sebagian besar dari diaspora Myanmar, melakukan aksi di luar KTT pada pagi hari Senin menuntut pemulihan demokrasi di Myanmar dan agar ASEAN tidak berhubungan dengan para pemimpin militer negara tersebut.

Australia, sebagai tuan rumah KTT, fokus pada kerja sama maritim, ikatan ekonomi, perubahan iklim, dan energi bersih.

BACA JUGA:Filipina Desak Negara Tetangga untuk Bersatu Lebih Kokoh Melawan Tiongkok di Laut China Selatan

Melissa Conley Tyler, direktur eksekutif Asia-Pacific Development, Diplomacy and Defense Dialogue, mengharapkan pemimpin-pemimpin akan fokus pada apa yang mereka bagikan bersama daripada perbedaan mereka dalam masalah seperti Tiongkok dan Myanmar.

"Fokusnya sangat terpusat pada bagaimana Australia dan negara-negara ASEAN bekerja sama untuk menciptakan wilayah di mana kita ingin tinggal?" kata Conley Tyler, yang hadir dalam KTT tersebut.

"Myanmar adalah isu yang terus berlanjut, tetapi saya tidak yakin itu akan menjadi fokus. Saya merasa fokusnya akan positif, sangat berorientasi pada masa depan, membicarakan apa yang dapat kita lakukan bersama dan membangun rasa kegembiraan dan momentum," tambahnya.

Anggota ASEAN termasuk Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan mereka memiliki populasi gabungan lebih dari 650 juta dan PDB lebih dari $3 triliun.

Sumber: disway kalbar