Rentcar MaC
Mau iklan?

Pramono Anung-Rano Karno Unggul dalam Survei Elektabilitas Pilgub Jakarta, Bagaimana dengan Ridwan Kamil?

Pramono Anung-Rano Karno Unggul dalam Survei Elektabilitas Pilgub Jakarta, Bagaimana dengan Ridwan Kamil?

Debat pertama pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 -Antarafoto-/Aprillio Akbar/aww/aa

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru saja merilis hasil survei elektabilitas terkini untuk calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024. Hasilnya menunjukkan pasangan nomor urut tiga, Pramono Anung dan Rano Karno, memimpin dengan angka elektabilitas sebesar 41,6%.

Survei dilakukan setelah debat perdana cagub-cawagub pada 10-17 Oktober 2024, dengan melibatkan warga Jakarta berusia 17 tahun ke atas. Sebanyak 1.200 orang dijadikan responden, diambil menggunakan metode multistage sampling. Survei ini memiliki margin of error sebesar ±2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei ini, responden ditanya, "Jika pemilihan langsung Gubernur Daerah Khusus Jakarta diadakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih di antara pasangan nama berikut?"

Berikut hasil lengkapnya:

BACA JUGA:Strategi Peningkatan Layanan Pendidikan Formal dan Non-Formal Disorot, Apa Kata Cawagub Kalbar?

  1. Pramono Anung-Rano Karno: 41,6%
  2. Ridwan Kamil-Suswono (RIDO): 37,4%
  3. Dharma Pongrekun-Kun Wardhana: 6,6%
  4. Tidak tahu/tidak menjawab: 14,4%

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menjelaskan bahwa meskipun Pram-Rano unggul, selisihnya hanya sekitar 4% dibandingkan RIDO, yang berada dalam batas margin of error survei. “Secara statistik, kita tidak dapat memastikan siapa yang benar-benar unggul. Namun, angka absolut cenderung menunjukkan keunggulan Pramono Anung,” ujarnya melalui Detik.com

Djayadi juga  membandingkan hasil survei ini dengan survei sebelumnya, seperti LSI pada 6-12 September dan Poltracking pada 9-15 September. Hasilnya menunjukkan tren penurunan elektabilitas bagi pasangan RIDO. “Dari empat survei yang dirilis, terlihat ada penurunan dukungan untuk RIDO, sedangkan dukungan untuk Pram-Rano meningkat dari 28,4% pada bulan September menjadi 41,6% saat ini,” lanjut Djayadi.

Menanggapi hasil survei, Pramono Anung mengungkapkan rasa syukurnya, dan meminta para tim pemenang di seluruh jakarta untuk terus bekerja lebih keras.

BACA JUGA:Result Debat Perdana, Norsan-Krisantus Tampil Memukau

“Alhamdulillah, dengan hasil survei LSI ini, tetapi saya tetap meminta kepada tim untuk bekerja lebih keras lagi untuk menjaga momentum yang baik ini,” ungkap Pramono saat melakukan kunjungan ke Rawamangun, Jakarta Timur. dikutip dari CNNIndonesia

Sementara itu, Ridwan Kamil merespons dengan menyatakan, bahwa survei itu hasilnya bisa bagus bisa tidak namun  yang pasti dirinya akan bekerja sampai akhir waktu. Ia menekankan pentingnya tetap fokus pada pekerjaan hingga hari pemilihan.

“Kalau survei itu penjelasannya sama, mau lagi bagus atau kurang, saya tetap bekerja sampai akhir waktu.”kata Ridwan Kamil menanggapi elektabilitas pada angka surveinya yang turun tersebut, seperti dikutip dari Metrotv

 

Sumber: detiknews