Rentcar MaC
Mau iklan?

Wujudkan Pilkada Damai 2024, PMII Mempawah Gelar Istighosah dan Doa Bersama

Wujudkan Pilkada Damai 2024, PMII Mempawah Gelar Istighosah dan Doa Bersama

PC PMII Mempawah saat menggelar Istighosah, Doa Bersama dan Deklarasi Damai Pilkada 2024 di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mempawah, Rabu 23 Oktober 2024.-Pontianak Disway-WA/Torang Gasss

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Sebagai organisasi kepemudaan/mahasiswa, Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Mempawah Kalimantan Barat berupaya memberikan kontribusi positif untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang aman, damai dan kondusif.

Salah satu upaya tersebut adalah menggelar Istighosah, Doa Bersama dan Deklarasi Damai Pilkada 2024.

Menghadirkan jajaran Forkopimda dan para tokoh, rangkaian kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mempawah, Rabu 23 Oktober 2024.

Turut hadir, Pj Bupati Mempawah diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Jamiril, Dandim 1201 MPH diwakili Kasdim 1201 Mayor Irman Herniman, Kapolres Mempawah diwakili Ps. Kasat Binmas Iptu Akhmad Dasroni.

BACA JUGA:Pj Bupati Mempawah Lepas 14 Peserta FASI Tingkat Nasional di Bekasi, Siap Tampilkan Generasi Unggul

Hadir pula, Kakankemenag Mempawah diwakili Kasubag TU Ishak, Komisioner KPU Mempawah Muhammad Syahbandi, para tokoh agama, pimpinan pondok pesantren, FKUB, serta sejumlah ormas di Mempawah.

Pj Bupati Mempawah yang diwakili Asisten Ekbangra Jamiril menegaskan, Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa.

Pilkada juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Ia menyebut, Pilkada Damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tatanan individu. Pemerintah sendiri, telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pilkada.

BACA JUGA:Pj Bupati Mempawah Ikuti Evaluasi Kinerja di Jakarta, Dapat Apresiasi dari Kemendagri

Ada tiga poin yang menjadi penegasan Jamiril untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang aman dan damai.

Pertama, semua pihak hendaknya turut memastikan bahwa Pilkada Damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan Pilkada.

Kedua, bersedia untuk sepakat, bahwa menjaga kedamaian selama Pilkada adalah tanggungjawab bersama seluruh elemen bangsa, tanpa terkecuali.

Dan ketiga, turut memastikan bahwa seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan kampanye politik dapat menjalankan perannya dengan tanpa mencederai harga diri dan martabat setiap pihak, termasuk lawan politiknya.

Sumber: disway kalbar