Rentcar MaC
Mau iklan?

Survei LKPI Pilkada Kubu Raya 2024: Dominasi Elektabilitas 40,5%, Sujiwo-Sukiryanto Bakal Menang Besar!

Survei LKPI Pilkada Kubu Raya 2024: Dominasi Elektabilitas 40,5%, Sujiwo-Sukiryanto Bakal Menang Besar!

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Nomor Urut 2, Sujiwo-Sukiryanto.-pontianakinfo.disway.id-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, KUBU RAYA - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) melaksanakan survei mengenai elektabilitas tiga pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) KUBU RAYA, Kalimantan Barat. Berdasarkan survei tersebut, pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Sujiwo-Sukiryanto unggul signifikan atas pesaingnya.

Togu Lubis, selaku Direktur Eksekutif LKPI, menjelaskan hasil survei yang dimulai dengan mengukur tingkat popularitas serta penerimaan masyarakat terhadap ketiga pasangan calon. Hasil survei menunjukkan bahwa tingkat popularitas ketiga paslon relatif berimbang.

“Pasangan calon nomor urut satu, Rosalina-Marijan, dikenal oleh 70,7% masyarakat Kubu Raya. Pasangan Sujiwo-Sukiryanto (nomor urut dua) dikenal oleh 75,8% masyarakat Kubu Raya, sedangkan pasangan Rusman Ali-Muhammad Fachri (nomor urut tiga) dikenal oleh 72,6% masyarakat Kubu Raya,” jelas Togu dalam keterangannya, pada Kamis (17/10/2024).

BACA JUGA: Pemuda Katolik dan Umat Gereja Santo Agustinus Dukung Sujiwo-Sukiryanto di Pilkada Kubu Raya

Meski demikian, Togu menambahkan bahwa ketika mengukur tingkat penerimaan atau kesukaan publik, pasangan Rosalina-Marijan hanya meraih angka 47,3%. Pasangan Sujiwo-Sukiryanto mencatat angka tertinggi dengan tingkat penerimaan mencapai 70,3%, sementara pasangan Rusman Ali-Muhammad Fachri memperoleh 58,4%.

Lebih lanjut, survei tersebut juga mengungkap hasil dari pertanyaan terbuka yang menanyakan siapa calon pilihan responden. Pasangan Sujiwo-Sukiryanto unggul sebagai pilihan utama atau “top of mind” dengan elektabilitas sebesar 40,5%.

Pasangan Rusman Ali-Muhammad Fachri menyusul di tempat kedua dengan elektabilitas 26,6%, sementara Rosalina-Marijan berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 20,1%. Sisanya, 13,8% responden belum menentukan pilihan atau tidak menjawab. Pada simulasi pertanyaan tertutup dengan bantuan gambar dan nama calon, responden diminta untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati jika Pilkada dilaksanakan pada hari tersebut.

Sumber: disway kalbar