Rentcar MaC
Mau iklan?

Tiga Hektar Lahan Terbakar di Sejegi, BPBD Mempawah Berjuang Padamkan Api

Tiga Hektar Lahan Terbakar di Sejegi, BPBD Mempawah Berjuang Padamkan Api

BPBD Mempawah dan Tim Pengendalian Karhutla bekerja sama dengan Preventif Operasi Mantap Praja Polres Mempawah, melaksanakan pemadam karhutla di Desa Sejegi Mempawah, Minggu 15 September 2024.-Pontianak Disway-WA

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH -Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda Dusun Tekam, Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah. Pada Minggu, 15 September 2024, BPBD Mempawah dan Tim Pengendalian Karhutla berupaya memadamkan api yang telah membakar area seluas tiga hektar.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (Kabid P2B) BPBD Mempawah, Purwadi, mengkonfirmasi kejadian tersebut dan menjelaskan bahwa tim telah bekerja keras sejak Sabtu lalu untuk mengatasi kebakaran.

Titik api mulai ditangani pada pukul 15.00 WIB kemarin dan hari ini, pukul 15.30 WIB, api sudah berhasil dipadamkan,” ujar Purwadi saat dihubungi pada Senin sore.

BACA JUGA: Daftar Masjid se-Kabupaten Mempawah Beserta Alamat Lengkapnya

Lahan yang terbakar bertekstur tanah gambut, dan hingga kini, identitas pemilik lahan belum dapat dipastikan. Tim Damkar BPBD Mempawah berkolaborasi dengan Tim Preventif Operasi Mantap Praja Polres Mempawah untuk memerangi kebakaran di lokasi yang cukup terpencil.

Purwadi mengungkapkan kesulitan dalam mencapai titik api akibat medan yang sulit. 

Harapan kami adalah kebakaran ini tidak menyebar lebih luas. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan sembarangan, mengingat cuaca mulai panas dan curah hujan diperkirakan akan menurun di Kabupaten Mempawah,” tambah Purwadi.

Upaya penanggulangan kebakaran diharapkan dapat mengurangi risiko dan dampak lebih lanjut terhadap lingkungan dan masyarakat setempat.

Sumber: harian disway kalbar