Rentcar MaC
Mau iklan?

Sukses Gelar Market Day, Kepala Sekolah SMAN 1 Pontianak Siap Ciptakan Event Baru Lagi!

Sukses Gelar Market Day, Kepala Sekolah SMAN 1 Pontianak Siap Ciptakan Event Baru Lagi!

Suasana kegiatan Market Day di SMAN 1 Pontianak, Minggu 25 Agustus 2024-Pontianak Disway-Kamera

PONTIANAKINFO,DISWAY.ID - SMA Negeri 1 Pontianak melaksanakan kegiatan Market Day pada Minggu 25 Agustus 2024 pukul 07.00 WIB. Kegiatan ini menjadi wadah ekspresi kreativitas peserta didik SMA Negeri 1 Pontianak untuk berlatih kewirausahaan.

Terdapat 144 stand untuk masing-masing kelompok peserta Market Day dari kelas X sampai kelas XII. Kegiatan tersebut didampingi oleh Bapak/Ibu Guru dan Karyawan. Setiap kelompok menjual produk andalan mereka dalam bentuk aneka makanan, minuman, dan produk kreatif lainnya. Adapun kegiatan Market Day ini dihadiri juga wali peserta didik, sekolah lain dan masyarakat Kota Pontianak.

Kegiatan Market Day yang dilakukan SMA Negeri 1 Pontianak ini merupakan salah satu kegiatan siswa dalam bidang usaha perdagangan yang mempunyai beberapa tujuan dan manfaat bagi siswa untuk masa yang akan datang, yang dimana mungkin bisa menjadi salah satu option untuk pengembangan usaha agar lebih berkembang baik.

Pantauan Pontianak Disway pada Minggu 25 Agustus 2024 pukul 08.00 WIB. Banyak peserta didik dari sekolah lain dan masyarakat Kota Pontianak  yang hadir dalam kegiatan Market Day ini.

BACA JUGA:Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, SMAN 1 Pontianak Gelar Market Day : Ribuan Masyarakat Hadir Meramaikan!

Padahal jika dilihat, SMA Negeri 1 Pontianak hanya memasang target dengan mengundang beberapa sekolah terdekat dan orang tua wali murid. Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Aris Widodo selaku Waka Kurikulum SMA Negeri 1 Pontianak.

"Jujur saya dan pihak sekolah juga cukup terkejut,  padahal yang kami undang hanya beberapa sekolah terdekat seperti SMA 7, Mujahidin dll serta orang tua wali murid, tapi yang datang melebihi ekspektasi kami, bukan hanya sekolah yang kami undang yang datang, tapi juga sekolah lain bahkan ada peserta didik dari SMP lain dan masyarakat Kota Pontianak, itu melebihi ekspektasi kami sih." Kata Aris saat wawancara dengan Pontianak Disway.

Indang Maryati selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pontianak juga mengatakan awalnya mengadakan kegiatan ini untuk P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema kewirausahaan yang berfokuskan dari anak untuk anak, namun pihak sekolah berpikir lagi untuk melibatkan wali murid, dan berpikir untuk mengundang sekolah-sekolah terdekat untuk hadir dalam kegiatan ini.

"Awalnya kami mengadakan kegiatan ini memang untuk P5 apalagi dengan tema kewirausahaan, dan kegiatan ini juga awalnya dari anak untuk anak, tapi kami mikir lagi, kenapa tidak melibatkan wali peserta didik juga? Lalu kami mikir lagi, kenapa kita tidak memanggil sekolah-sekolah yang ada di dekat kita? Untuk apa? Agar sekolah lain tau begini lho praktek kewirausahaan yang dilakukan sekolah, begini lho kemasan produknya." Kata Indang Maryati saat wawancara bersama Pontianak Disway.

BACA JUGA:Pemprov Kalbar Keluarkan Surat Edaran Untuk Sekolah Mengenai Larangan Penjualan Seragam dan Buku Pelajaran

Indang Maryati mengatakan dalam kegiatan Market Day ini, peserta didik sudah dibagi menjadi kelompok dan memiliki modal tersendiri, mereka juga akan melaporkan hasil kegiatan kewirausahaan mereka, baik itu untung ataupun rugi, agar bisa melakukan evaluasi.

"Peserta didik ini dibentuk kelompok, bisa jadi empat ataupun lima orang, nanti mereka menjalankan usaha mereka masing-masing dan harus melaporkan ke sekolah lagi, apakah mereka mendapatkan keuntungan atau mereka mengalami kerugian, hal ini dilakukan agar kita juga bisa melakukan evaluasi," tambahnya. 

Harapan Indang Maryati sendiri yang merupakan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pontianak untuk kegiatan kedepannya akan dikemas lagi dengan lebih bagus dan lebih baik dan akan menciptakan event-event yang baru lagi. 

Sumber: