Rentcar MaC
Mau iklan?

Profil Maarten Paes, Calon Kiper Andalan Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Profil Maarten Paes, Calon Kiper Andalan Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Postingan Maarten Paes saat dirinya sudah bisa dipastikan membela timnas Indonesia-maartenpaes-Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Nafas lega menghampiri Maarten Paes lantaran berkesempatan membela Timnas Indonesia. Maarten Paes sendiri tak sabar menantikan Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan depan.

Setelah memenangi banding di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) 15 Agustus 2024, PSSI akhirnya bisa memainkan peran Maarten Paes di Timnas Indonesia.

Tentunya hal ini jadi akhir yang manis untuk perjuangan Indonesia mendapatkan kesempatan memainkan Maarten Paes. Masa depan Maarten Paes sebelumnya sempat tidak jelas setelah dinaturalisasi 30 April lalu. 

Sekarang Maarten Paes tidak perlu lagi was-was karena dia sudah bisa dipanggil masuk skuad Garuda mulai Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan September. Di bulan tersebut, Indonesia akan bertemu Arab Saudi 6 September, sebelum berhadapan dengan Australia 10 September mendatang.

BACA JUGA:Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Maarten Paes Siap Bela Timnas Indonesia September Mendatang

Profil Maarten Paes

Maarten Vincent Paes merupakan pemain kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Dia memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Pare, Kediri Jawa Timur, pada Maret 1940.

Karier sepak bolanya sebagai kiper dimulai dari akademi VV Union pada 2012. Pada pertengahan tahun, dia bergabung ke akademi NEC Nijmegen. Paes sendiri cukup lama berada di klub ini dan dia sempat membela tim kelompok umur mulai U-17, U-19, sampai akhirnya masuk di tim senior pada 2016.

Namun nasib berkata lain, Paes tidak mendapat kesempatan untuk mencatatkan debutnya. Pada 2018 dia akhirnya pindah ke FC Utrecht untuk memperkuat tim U-21. Setahun berselang dia promosi ke tim senior dan tercatat tampil 48 kali dengan total 12 kali cleansheet di semua ajang.

Setelah cukup lama berkarier di Belanda, Paes memilih hijrah ke luar negeri dengan memperkuat klub Major League Soccer (MLS) FC Dallas pada 2022. Berawal dari pinjaman, kini dia telah dipermanenkan dan menempati posisi kiper utama. Dia sendiri sudah bermain 100 kali di semua ajang dengan catatan 23 kali cleansheet.

BACA JUGA:Catatkan Sejarah! Maarten Paes Jadi Orang Indonesia Pertama yang Akan Bermain Dengan Messi

Sebelum resmi menjadi WNI, Paes sempat memperkuat tim kelompok umur Belanda mulai U-19, U-20, hingga U-21. Kini bersama Timnas Indonesia, kehadirann Paes diharapkan bisa memberi dampak positif. 

Agenda terdekat yang berpeluang besar dihadapinya adalah putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September mendatang. Skuad Garuda dijadwalkan bertandang ke Arab Saudi pada 5 September sebelum kontra Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat pada 10 September.

Sumber: