Rentcar MaC
Mau iklan?

Pantauan Kualitas Udara di Kabupaten Mempawah Sangat Tidak Sehat Hari Ini

Pantauan Kualitas Udara di Kabupaten Mempawah Sangat Tidak Sehat Hari Ini

Foto dari BMKG hasil pengukuran PM 2.5 di Kabupaten Mempawah --Disway kalbar/Istimewa

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Kalimantan Barat akhir-akhir ini memberikan dampak signifikan terhadap kualitas udara di Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah.

Berdasarkan data terbaru dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memantau kualitas udara menggunakan alat Particulate Matter 2.5 (PM 2.5) dari tiga stasiun, situasi udara di Kalbar pada Selasa, (30/7/2024), menunjukkan perubahan yang cukup drastis.

Pada pukul 04.00 WIB, kualitas udara di Kabupaten Mempawah tercatat pada angka 174.10 µgram/m³, berada dalam kategori sangat tidak sehat atau zona merah. 

Hal ini menunjukkan kondisi udara yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu, kualitas udara mulai mengalami perbaikan.

Antara pukul 05.00 WIB hingga 08.00 WIB, konsentrasi PM 2.5 menurun menjadi 99.90 µgram/m³, yang masih tergolong tidak sehat atau zona kuning. Selanjutnya, dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, angka PM 2.5 turun lagi menjadi 45.40 µgram/m³, memasuki zona biru atau kategori sedang. 

 

 

Sumber: disway kalbar