Rentcar MaC
Mau iklan?

Upaya Tekan Inflasi, Pangan Murah Jadi Kegiatan Rutin Pemkot Pontianak

Upaya Tekan Inflasi, Pangan Murah Jadi Kegiatan Rutin Pemkot Pontianak

Pj Wali Kota Ani Sofian secara simbolis menyerahkan bahan pokok kepada warga yang membeli pada Gerakan Pangan Murah --Pemkot Pontianak

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan rutin menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) pada Kamis (18/7/2024) di UPT Agribisnis, Jalan Budi Utomo.

 

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian secara simbolis membuka kegiatan tersebut. Adapun kegiatan tersebut ditunjukkan dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan. Pada kegiatan ini masyarakat dapat berbelanja bahan pangan dengan harga yang ada dibawah harga pasaran. 

 

"Untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan dalam upaya pengendalian inflasi daerah," ujar Ani pada dilaman pontianak.go.id 

 

Menurut Ani, ada berbagai upaya yang sudah dilakukan Pemkot Pontianak dalam mengendalikan inflasi selama ini yang sudah berjalan dengan baik. Dikarenakan, kota Pontianak saat ini berada pada urutan ke-9 inflasi terendah seluruh indonesia. Ani menyebut, komoditas pangan di Indonesia umumnya diproduksi diwilayah tertentu dan bersifat musiman. Pola panen yang berbeda-beda menyebabkan variasi pasokan dan harga pangan antar waktu serta wilayah. Akibat dari kondisi tersebut, lanjutnya,seringkali menimbulkan fluktuasi pasokan dan berakibat ketidakpastian harga pangan. 

 

"Pada saat inflasi terjadi, kenaikan harga pangan akan mempengaruhi daya beli masyarakat sehingga mengurangi keterjangkauan masyarakat terhadap bagan pangan," ujar Ani. 

 

Plt Kepala DPPP Kota Pontianak Muchammad Yamin menjelaskan, selain menekan laju inflasi, GPM juga menjadi momentum ulang tahun ke-3 Badan Pangan Nasional (Bapanas) dengan PT Bulog, BUMN Pangan serta instansi swasta yang terlibat. 

 

Adapun komoditas yang dijual yaitu bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, ikan, ayam dan komoditas UMKM dan digelar dalam kurun waktu satu hari. 

 

Sumber: pontianak.go.id