Rentcar MaC
Mau iklan?

Belasan Tahun Menunggu, Akhirnya Melawi Raih Sertifikat Eliminasi Malaria dari Kemenkes

Belasan Tahun Menunggu, Akhirnya Melawi Raih Sertifikat Eliminasi Malaria dari Kemenkes

Sertifikat Eliminasi Malaria Diberikan Kepada Kabupaten Melawi--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWI - Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi meraih sertifikat eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di tahun 2024 ini bersama 17 kabupaten/kota se-Indonesia kerena keberhasilan menggerakkan sumber daya dan modal sosial untuk upaya eliminasi penyakit menular.

"Kita sangat bersyukur sudah 15 tahun Kabupaten Melawi belum dapat sertifikat program ini, baru tahun 2024 inilah kita mendapatkannya," ungkap Plt Kepala Dinkes Melawi, Ahmad Darmawan, melalui via WhatsApp, Senin (24/6/2024). 

Ia mengatakan, eliminasi malaria di tingkat kabupaten/kota adalah upaya untuk menghentikan penularan malaria dalam wilayah geografi tertentu. Pada tahun 2020, pemerintah menargetkan 325 kabupaten/kota dengan sertifikasi bebas malaria dan tidak ada lagi daerah endimis tinggi malaria di Indonesia.

"Keberhasilan ini tidak lepas kerjasama yang baik dari semua pihak, baik itu dari masyarakat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi. Dari 17 kabupaten/kota dan Kalbar hanya 3 kabupaten yang menerima sertifikat ini yakni Kabupaten Melawi, Kayong Utara, dan Bengkayang," jelasnya.

BACA JUGA:Terungkapnya Kerangka Manusia di Desa Sungai Kunyit Mempawah Keluarga Yakin Itu Sosok Asnah

Plt Kepala Dinkes Melawi juga menyampaikan bahwa penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan pada Kamis, 13 Juni 2024 di Ruang Auditorium Siwabessy, Gedung Prof. dr. Sujudi, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan. Sertifikat tersebut serahkan oleh Prof. dr. Dante Saksono kepada Bupati Melawi diwakili Asisten 3 Bupati Melawi, Joko Wahyono.

 "Semoga kita terus bisa mempertahankan prestasi ini sampai ke tahun-tahun berikutnya. Kita juga berharap ini menjadi penambah semangat kita bekerja untuk mewujudkan Indonesia bebas malaria 2030," pungkasnya.

Sumber: disway kalbar