Rentcar MaC
Mau iklan?

Melawi Berlari dari Sejarah!! Tempat ini pernah Menjadi Rumah penjara bagi Pahlawan Nasional Raden Tumenggung.

Melawi Berlari dari Sejarah!! Tempat ini pernah Menjadi Rumah penjara bagi Pahlawan Nasional Raden Tumenggung.

Nilai penting dari Tangsi Belanda, tempat ini pernah menjadi rumah penjara bagi Pahlawan Nasional Raden Tumenggung Setia Pahlawan (1771 – 1875).--

Ada bangunan yang telah roboh karena mengalami pelapukan dan pertumbuhan tanaman, ada pula bangunan yang sama sekali hilang tidak tersisa karena pengambilan bahan bangunan seperti balok kayu dan papan lantai yang berbahan dari kayu ulin.


Pada kegiatan studi teknis Tangsi Belanda Melawi ini, hanya terdapat 4 bangunan yang masih dapat dilihat bentuk aslinya meskipun pada beberapa bagian telah mengalami banyak kerusakan.

Bangunan tersebut diberi nama oleh masyarakat sekitar sesuai ingatan mereka pada saat bangunan ini masih digunakan sebagai kantor TNI angkatan darat dibawah Korem Sintang.

Beberapa bangunan tersebut yaitu Bangunan 1 atau yang biasa disebut dengan ‘penjara’, Bangunan 2 atau yang biasa disebut dengan ‘kantor’, Bangunan 3 dan Bangunan 4 yang biasa disebut dengan ‘barak’, Bangunan 5 atau yang biasa disebut dengan ‘rumah dinas perwira’, Bangunan 6 yang tidak diketahui penyebutannya dikarenakan kondisinya yang telah mengalami kerusakan yang cukup parah, Bangunan 7 yang biasa disebut dengan ‘kamar mandi/toilet umum’, serta Bangunan 8 yang sudah hilang sama sekali.


Selain bangunan utama tersebut, ada pula beberapa bangunan tambahan lain yang ada di komplek Tangsi Belanda Melawi. Bangunan tambahan tersebut antara lain berupa pos jaga/pos keamanan, kolam air, menara air, dan tandon air yang berada di sudut bangunan utama. Beberapa bangunan tambahan tersebut juga pasti memiliki fungsi tersendiri terkait dengan fungsi didirikannya komplek Tangsi Belanda ini oleh pemerintah Kolonial Belanda.

Publish: Rifaldi

Sumber: kemdikbud.go.id