Disdukcapil Pontianak Gelar Dialog Kinerja, Bahas Evaluasi dan Peningkatan Layanan Publik

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak Erma Suryani saat menyampaikan paparan dalam Dialog Kinerja-Pontianak Disway-dokumen istimewa
PONTIANAKINFO.COM, PONTIANAK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak menggelar kegiatan Dialog Kinerja dengan tema “Evaluasi Kinerja Pelayanan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik”, pada Rabu, 3 Juli 2025. Kegiatan yang difasilitasi oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pontianak ini digelar di Aula Kantor Terpadu Kota Pontianak, Jalan Sutoyo.
Agenda dialog meliputi paparan evaluasi kinerja Disdukcapil Kota Pontianak, diskusi panel bersama Ombudsman RI Perwakilan Kalbar, serta sesi tanya jawab interaktif. Dalam kesempatan itu, Disdukcapil menyampaikan berbagai tantangan di lapangan, termasuk perlunya digitalisasi layanan serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam memberikan pelayanan.
Kepala Disdukcapil Kota Pontianak, Erma Suryani mengatakan, dialog ini menjadi wadah refleksi atas kinerja layanan administrasi kependudukan sekaligus forum diskusi untuk menyerap berbagai masukan dari para pemangku kepentingan. Dialog kinerja ini merupakan bentuk komitmen pihaknya untuk terus meningkatkan mutu layanan administrasi kependudukan.
BACA JUGA:Posyandu 6 SPM dan SiPADU Resmi Diluncurkan di Pontianak
“Pelayanan publik yang prima hanya dapat terwujud melalui evaluasi berkelanjutan dan keterlibatan masyarakat. Evaluasi ini penting agar setiap kebijakan dan inovasi yang dilahirkan benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat Kota Pontianak,” ujarnya.
Melalui forum ini, Disdukcapil Kota Pontianak menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan efektivitas dan mutu pelayanan administrasi kependudukan.
“Tujuannya agar layanan yang diberikan semakin mudah diakses, tepat waktu, transparan, dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat secara menyeluruh,” tuturnya.
BACA JUGA:Pemkot Pontianak Matangkan Persiapan Pembangunan Sekolah Rakyat di Jalan Flora
Erma menambahkan, pihaknya akan terus berkomitmen memberikan pelayanan yang profesional, akuntabel, dan berpihak pada kebutuhan masyarakat. Dengan berbagai upaya pembenahan dan inovasi yang terus dilakukan, diharapkan pelayanan administrasi kependudukan di Kota Pontianak ke depan akan semakin mudah diakses, tepat waktu, transparan dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.
“Ini bukan akhir dari proses, tetapi justru langkah awal untuk memperkuat komitmen bersama dalam menghadirkan layanan yang lebih baik. Evaluasi akan terus dilakukan secara rutin agar kami dapat menyesuaikan diri dengan dinamika dan harapan masyarakat,” tutupnya.
Sumber: