Rentcar MaC
Mau iklan?

Terkuak! Transformasi Hutan Kalimantan Melalui Satelit NASA Akibat Jejak Pembangunan IKN

Terkuak! Transformasi Hutan Kalimantan Melalui Satelit NASA Akibat Jejak Pembangunan IKN

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyoroti perubahan di kawasan hutan Kalimantan pasca pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). --NASA

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, atau NASA, telah mengabadikan perubahan dramatis dalam kawasan hutan Kalimantan, terutama setelah dimulainya proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA:Jokowi: IKN Bakal Bertransformasi Jadi Metropolis dalam Dekade Mendatang

Dengan menggunakan foto satelit terbaru, NASA membandingkan kondisi hutan Kalimantan antara bulan April 2022 dan Februari 2024. Hasilnya menunjukkan adanya penyusutan yang signifikan dalam luas hutan tersebut.

Melalui laman Earth Observatory Nasa, NASA merilis potret perubahan kawasan hutan di sekitar IKN dengan judul "Nusantara: A New Capital City in the Forest".

BACA JUGA:Hebat! Jokowi Sebut Antrian Investor di IKN Makin Panjang

Dalam perilisan tersebut diungkapkan bahwa sejak musim panas 2022, hutan di Kalimantan Timur telah mengalami transformasi yang cepat.

"Jalanan baru telah terbentuk di tengah hutan, dan bangunan mulai dibangun di sekitar Teluk Balikpapan di Kalimantan Timur, seiring dengan pembangunan ibu kota baru Indonesia," demikian dijelaskan oleh NASA.

BACA JUGA:Mewujudkan Visi IKN sebagai Kota Pintar dan Berkelanjutan Melalui Nusantara Expo 2024

Foto-foto kawasan IKN yang diambil pada April 2022 dan Februari 2024 menggunakan Operational Land Imager-2 (OLI-2) di Landsat 0 dan OLI di Landsat 8 menunjukkan bahwa sebagian besar hutan telah dibuka untuk pembangunan jaringan jalan.

Meskipun rencana pembangunan IKN mengusung gagasan tentang kota hijau yang ramah lingkungan, beberapa peneliti khawatir bahwa perubahan penggunaan lahan ini dapat mengancam kelestarian hutan dan habitat satwa liar di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Delegasi Pemerintah Inggris Dukung Pembangunan IKN sebagai Ibu Kota Nusantara

Sejalan dengan proyek ini, Presiden Jokowi telah mengumumkan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Penajam Pasir Utara, Kalimantan Timur pada tahun 2019.

Berdasarkan pertimbangan berbagai faktor seperti risiko bencana minimal, lokasi strategis, dan ketersediaan infrastruktur, Kalimantan Timur dipilih sebagai lokasi IKN.

BACA JUGA:Delegasi Pemerintah Inggris Dukung Pembangunan IKN sebagai Ibu Kota Nusantara

Sumber: