Rentcar MaC
Mau iklan?

AFC Buka Suara Terkait Laporan PSSI Terhadap Kinerja Wasit dalam Laga Bahrain vs Indonesia

AFC Buka Suara Terkait Laporan PSSI Terhadap Kinerja Wasit dalam Laga Bahrain vs Indonesia

Presiden FIFA (kiri) bersana Presiden AFC (kanan)-rumortimnas-Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akhirnya buka suara terkait laporan PSSI terhadap kinerja wasit Ahmed Al Kaf dalam memimpin laga Timnas Bahrain vs Timnas Indonesia.

Sebelumnya Timnas Indonesia bertandang di markas Bahrain dan harus dipaksa bermain imbang dengan skor 2-2 lewat drama akhir pertandingan, Jumat 11 Oktober 2024 dini hari WIB.

Indonesia yang sudah unggul dengan skor 2-1 sampai waktu normal. Wasit asal Oman tersebut memberikan waktu injury time enam menit, tapi tetap membiarkan pertandingan berjalan hingga 90+9.

Kesempatan itu digunakan Bahrain dengan mencetak gol penyeimbang. Mohamed Marhoon membobol gawang Indonesia dari situasi sepak pojok.

BACA JUGA:Diduga Bantu Bahrain Menang Kontra Australia, Omar Mohamed Al Ali Pimpin Laga China vs Indonesia!

Pihak Indonesia sendiri sempat melancarkan protes karena merasa waktu yang berjalan sudah lewat dari injury time. Wasit justru memberi kartu merah kepada Sumardji selaku manajer Timnas Indonesia.

Ahmed Al Kaf sebelumnya juga banyak memberi pelanggaran kepada Indonesia. 27 pelanggaran dibuat Garuda, dengan kebanyakan ketika pemain Bahrain tergeletak setelah kalah berduel.

Arya Sinulingga selaku Anggota Exco PSSI, mengaku kecewa dengan kepemimpinan wasit Ahmed Al-Kaf. Dia menyebut PSSI akan melancarkan surat protes atas masalah tersebut.

"Ya, kita kirim surat protes. Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol," katanya.

BACA JUGA:Sorot Keputusan Wasit, Timnas Indonesia Imbang 2-2 Melawan Bahrain

Disisi lain menurut Datuk Seri Windsor Jhon selaku Sekretaris Jenderal AFC pihaknya belum bisa menindaklanjuti masalah Ahmed Al Kaf karena sampai saat ini PSSI belum juga mengirimkan keluhan secara resmi ke AFC.

"Kami butuh PSSI untuk mengklarifikasi apa yang mereka keluhkan. Apakah itu performa, manajemen waktu, atau masalah spesifik lainnya. Kami telah mendengar berbagai laporan, tetapi keluhan itu harus terperinci," kata Windsor, dilansir dari media asal Malaysia, New Strait Times.

"VAR memantau semua keputusan wasit, dan mereka harus membenarkannya (jika ada keluhan). Meskipun ofisial pertandingan tidak mengomentari penampilan mereka secara terbuka, mereka diharuskan untuk memberikan laporan terperinci kepada FIFA," tambahnya.

Hasil imbang ini membuat Indonesia bertahan di urutan kelima Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indonesia mengumpulkan 3 poin, sementara Bahrain di atasnya dengan 4 poin.

Sumber: