Rentcar MaC
Mau iklan?

Perdana Tampil di PON XXI/2024, Menpora Ajak Indonesia Siapkan Timnas untuk Olimpiade Esports

Perdana Tampil di PON XXI/2024, Menpora Ajak Indonesia Siapkan Timnas untuk Olimpiade Esports

Poster dukungan Menpora untuk perwakilan Indonesia di Esports dalam PON XXI-Esi-Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang merupakan penyelenggaraan ke-21 dari ajang multi-olahraga terbesar di Indonesia, dijadwalkan berlangsung dari 9 hingga 20 September 2024 dengan Aceh dan Sumatera Utara sebagai tuan rumah. 

Ada hal menarik dalam gelaran PON XXI/2024 ini, karena untuk pertama kalinya, esports resmi dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga yang diakui dalam kompetisi bergengsi ini.

Dalam ajang tersebut Esports akan memperlombakan lima pertandingan, yaitu Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, PUBG Mobile, eFootball, dan Lokapala. Ini menandai momen bersejarah bagi Indonesia, di mana esports diakui sebagai cabang olahraga resmi dalam ajang multi-olahraga nasional.

Tidak ketinggalan, kontigen kalimantan barat juga akan ikut meramaikan ajang tersebut dalam pertantingan PUBG Mobile. Matchday berlangsung kemarin 14 september masih berada di posisi ke 8. Akan dilanjutkan sampai hari ini 15 september.

BACA JUGA:Sukses Bawa Emas Buat Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Berikut Profil dan Prestasi Veddriq Leonardo

Pembukaan resmi cabang olahraga esports ini disampaikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora), Dito Ariotedjo, yang berlangsung di Medan International Convention Center (MICC), Kota Medan, Sumatera Utara, pada Jumat malam, 13 September 2024. Pada kesempatan tersebut, Menpora Dito juga menyinggung tentang masa depan esports Indonesia yang semakin cerah. 

Seperti diketahui. pada 18 Januari 2020 lalu, telah dibentuk Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), yang diketuai oleh Budi Gunawan. Organisasi ini bertujuan untuk menaungi cabang olahraga elektronik di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Lebih lanjut, Menpora Dito menambahkan bahwa dalam dua tahun ke depan akan ada Olympic Esports Series, sebuah ajang olimpiade khusus esports. Keputusan ini diambil dalam Kongres Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Paris bulan lalu. Oleh karena itu, PB ESI diharapkan segera menyiapkan kontingen Timnas Esports Indonesia untuk berpartisipasi dalam ajang tersebut.

BACA JUGA:Menjelang Sidang Kasus Manchester City, Pep Guardiola : Saya Tahu Apa yang Dinantikan Orang-Orang

"Bulan lalu di Olimpiade Paris saat Kongres IOC diputuskan, dua tahun lagi akan ada Olympic Esports Series. PB ESI harus segera menyiapkan kontingen timnas khusus esports untuk menjadi pesertanya," ujar Menpora Dito, dikutip redaksi dari laman resmi Kemenpora.

Sumber: