Rentcar MaC
Mau iklan?

Ramadan Purnama: Dominasi Elit Finansial dalam Pilkada Mempawah 2024, Ancaman Serius Bagi Demokrasi yang Sehat

Ramadan Purnama: Dominasi Elit Finansial dalam Pilkada Mempawah 2024, Ancaman Serius Bagi Demokrasi yang Sehat

Ketua Suara Gen Z, Ramadan Purnama mengeluarkan pernyataan tegas terkait fenomena yang mengemuka dalam persiapan Pilkada 2024 di Kabupaten Mempawah, pada hari Rabu, 14 Agustus 2024.--Disway Kalbar/Istimewa/Foto Ramadan Purnama

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Ketua Suara Gen Z, Ramadan Purnama mengeluarkan pernyataan tegas terkait fenomena yang mengemuka dalam persiapan Pilkada 2024 di Kabupaten Mempawah. 

Dalam beberapa pekan terakhir, muncul kekhawatiran mendalam dari berbagai kalangan terhadap kemunculan kandidat-kandidat dengan dukungan finansial besar yang tampaknya berhasil "mengamankan" dukungan hampir seluruh partai politik di daerah tersebu,. 

Dalam wawancaranya, Ramadan menyampaikan keprihatinan mendalam terhadap dampak serius yang mungkin ditimbulkan oleh fenomena ini terhadap dinamika politik di Kabupaten Mempawah. 

"Kita harus waspada terhadap fenomena ini. Kehadiran kandidat dengan kekuatan finansial yang besar dan dominasi atas partai-partai politik berpotensi menciptakan oligarki politik yang membahayakan prinsip dasar demokrasi. Dalam situasi seperti ini, aspirasi rakyat bisa terpinggirkan," ungkap Ramadan dengan nada serius saat dihubungi, Rabu 14 Agustus 2024.

BACA JUGA:Ayo Sehat Bersama Dahlan Iskan dan BPN Kalbar Minggu 18 Agustus di Halaman Dekranasda

Ramadan menegaskan bahwa Pilkada seharusnya menjadi ajang kompetisi ide dan program yang bertujuan untuk memajukan daerah, bukan sekadar ajang kontestasi modal besar. 

"Ketika semua partai politik berkerumun mendukung satu kandidat hanya karena alasan finansial, bagaimana nasib warga yang ingin memilih pemimpin berdasarkan visi dan misi yang jelas? Ini berpotensi merusak esensi demokrasi kita," tambahnya dengan penuh keprihatinan.

Lebih jauh, Ramadan menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda, untuk tetap waspada dan kritis dalam menghadapi politik transaksional. "Generasi muda harus menjadi benteng pertahanan terakhir bagi integritas demokrasi. Pilihlah pemimpin berdasarkan visi yang benar-benar pro-rakyat, bukan hanya popularitas atau kekayaan," tegas Ramadan dengan semangat membara.

Sebagai Ketua Suara Gen Z, Ramadan Purnama berharap Pilkada 2024 di Kabupaten Mempawah dapat berlangsung dengan adil dan transparan, serta melahirkan pemimpin yang benar-benar mampu membawa perubahan signifikan dan positif bagi masyarakat luas.

Sumber: disway harian kalbar