Rentcar MaC
Mau iklan?

4 Tradisi Unik Memperingati Tahun Baru Islam di Indonesia, Ada Bubur Suro Lho!

4 Tradisi Unik Memperingati Tahun Baru Islam di Indonesia, Ada Bubur Suro Lho!

Salah satu tradisi 1 Muharram Tahun Baru Islam.-Antara Foto-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Minggu (7/7/2024) bertepatan dengan Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1446 Hijriah. Dalam islam, 1 Muharram sendiri memiliki makna sebagai penanda dalam pergantian tahun dan juga sebagai hari pertama dalam kalender islam. 

Di indonesia, dalam menyambut Tahun Baru Islam terdapat beberapa tradisi unik dalam memperingatinya. Tidak hanya disambut tetapi juga terdapat makna didalamnya, seperti: 

1. Pawai Obor 

Tradisi ini memiliki makna sebagai rasa syukur dalam menyambut datangnya Tahun Baru Islam. Tradisi ini ditandai oleh warga yang berkeliling kota/desa dengan membawa obor serta dilantunkannya sholawat dan pujian kepada Rasulullah SAW. Agar menambah kegembiraan dan euforia pawai obor, warga juga memainkan alat musik seperti gendang dan rebana. 

BACA JUGA:NU Tetapkan 1 Muharram 1446 H Jatuh Pada Senin Besok!

2. Bubur Suro

Tradisi memasak dan menyantap Bubur suro merupakan salah satu tradisi di Indonesia. Bubur suro merupakan lambang rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas berkah dan rezeki yang diperoleh.

3. Kirab Kebo

Tradisi unik yang berasal dari Kota Solo ini merupakan salah satu tradisi yang paling terkenal. Tradisi ini memiliki makna harapan, keselamatan, dan kesejahteraan pada tahun berikutnya.

4. Mabit Masjid

Mabit di Masjid merupakan tradisi tahun baru islam yang mengadakan berbagai acara mulai dari pengajian, ceramah, hingga membaca shalawat agar seseorang dapat mabit atau bermalam di masjid.

Selain menjadi kesempatan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dan belajar dari berbagai kesalahan yang dilakukan selama setahun, beberapa tradisi tahun baru Islam ini memiliki fungsi untuk mempererat hubungan antar manusia lainnya. 

Sumber: disway kalbar