Rentcar MaC
Mau iklan?

Dinkes Melawi Gelar Sosialisasi Pelaksanaan ILP Puskesmas se-Kabupaten

Dinkes Melawi Gelar Sosialisasi Pelaksanaan ILP Puskesmas se-Kabupaten

Kepala Puskesmas se Kabupaten Melawi Poto Bersama dengan Plt Kadis Kesehatan Melawi, Ahmad Darmawan di Aula Puskesmas Nanga Pinoh pada Selasa (2/7/2024)--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWIDinas Kesehatan Kabupaten Melawi menggelar kegiatan Pelaksanaan Integrasi Layanan Primer (ILP) seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Melawi. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Nanga Pinoh pada Selasa (2/7/2024) tersebut dibuka langsung oleh Plt Kepala Dinas Melawi, Ahmad Darmawan.

Ahmad Darmawan mengatakan, istilah Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer atau sering dikenal dengan Integrasi Layanan Primer (ILP) memiliki 6 pilar dengan 3  fokus utama. Pertama siklus hidup sebagai fokus pelayanan kesehatan sekaligus sebagai fokus penguatan promosi.

Kedua, dengan integrasi jejaringan pelayanan kesehatan primer hingga tingkat desa dan dusun termasuk untuk memperkuat promosi dan pencegahan serta resiliensi (kemampuan beradaptasi) terhadap pandemi dan yang ketiga memperkuat pemantauan wilayah setempat.

Menurutnya, integrasi layanan primer merupakan bagian dari kegiatan transformasi pelayanan kesehatan primer yang merupakan pilar pertama dari transformasi sistem kesehatan yang di gagas Kemenkes RI dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mengatasi masalah seperti kesehatan ibu dan anak, lansia, keluarga berencana, kesehatan reproduksi, perbaikan gizi masyarakat, pengendalian penyakit, Germas, serta pengendalian obat dan makanan.

"Kita berharap kebijakan dan strategi yang ditempuh Kementerian Kesehatan telah melalui kajian mendalam dan jangka panjang. Sehingga tidak terkesan mendadak dan semua pihak tidak menyiapkan diri," jelasnya.

Tambah dia, beberapa hal yang dapat dilihat nantinya meliputi peningkatan cakupan dan kualitas layanan, pemetaan SDM, dan kompetensi yang dibutuhkan, penghitungan dan pemetaan, pembiayaan pelaksana Integrasi layanan secara nasional serta kebutuhan kebijakan dan regulasi yang dibutuhkan.

BACA JUGA:Aiptu Yanto Hibahkan Tanah untuk Jalan Warga, Kapolres Melawi: Contoh Nyata Pengabdian Polri pada Masyarakat

"Disini kita memandang puskesmas sebagai Fasyankes Layanan Primer garda terdepan, terutama di Kabupaten Melawi diharapkan mampu menerapkan ILP secara khusus/ puskesmas mampu memberikan layanan siklus hidup dengan upaya promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (pencegahan penyakit). Kiranya menjadi hal baik dan terus diperjuangkan,"harapnya.

Di akhir kesempatan tersebut, Plt Kadis Kesehatan Melawi ini berharap setelah kegiatan sosialisasi ini Puskesmas se Kabupaten Melawi dapat menerapkan ILP dan dapat berjalan aktif serta melaksanakan fungsinya sebagaimana mestinya.

Sementara itu Ketua Panitia, Rianto menyampaikan bahwa peserta yang hadir berjumlah 22 orang, terdiri dari 11 orang kepala puskesmas dan 11 orang program ILP.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diharapkan para peserta secara maksimal dalam mengikuti kegiatan ini. Kita hadirkan narasumber dari Dinkes Provinsi Kalbar yang memang ahli di bidang program ini," pungkasnya.

 

Sumber: disway kalbar