Rentcar MaC
Mau iklan?

Anak-anak di Pontianak Marak Jadi Manusia Silver, Ini Alasannya!

Anak-anak di Pontianak Marak Jadi Manusia Silver, Ini Alasannya!

Seorang anak perempuan silver di kota Pontianak saat sedang mengemis di lampu merah--Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Fenomena manusia silver di Pontianak sudah menjadi perhatian serius bagi masyarakat Kota Pontianak. manusia silver ini merupakan masalah sosial yang bisa dibilang sama seperti gelandangan dan pengemis.

Terlihat di video seorang pengendara yang menanyakan kepada anak-anak yang menjadi manusia silver di Pontianak, Kalimantan Barat. Video tersebut di post di akun @warta_pontianak, Sabtu (29/6/2024).

Dalam tayangan video, terlihat seorang pengendara tengah berhenti di lampu merah ruas jalan protokol. Kemudian pengendara tersebut menanyakan alasan anak-anak ini menjadi manusia silver.

Dengan polosnya, anak-anak ini menjawab bahwa mereka butuh uang untuk membeli beras dan makan.

BACA JUGA:CFD Jalan Ayani Pontianak Dipadati Warga Pagi Ini

Selain itu, anak-anak ini juga mengatakan, bahwa tidakk ada yang menyuruh mereka untuk menjadi manusia silver. Hal tersebut mereka lakukan atas dasar inisiatif mereka sendiri.

Manusia silver ini sebelumnya merupakan kegiatan seni jalanan yang dimana menampilkan hiburan bagi warga. Namun seiring berjalannya waktu, aktivitas tersebut mengalami pergesaran dan dimanfaatkan oleh sebagian oknum untuk mengemis.

Alasan paling masuk dari permasalahan sosial seperti manusia silver ini tentunya berasal dari faktor kemiskinan yang perlu ditindaklanjuti oleh pemerintah kota. Selain itu, mental masyarakat yang ingin mendapatkan uang dengan cepat dan instan juga mempengaruhi hal tersebut.

Sumber: