Rentcar MaC
Mau iklan?

Melawi Juara Pertama Tingkat Nasional Pelayanan KB Pasca Persalinan, Raih Penghargaan dari BKKBN RI

Melawi Juara Pertama Tingkat Nasional Pelayanan KB Pasca Persalinan, Raih Penghargaan dari BKKBN RI

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo saat Menyerahkan Penghargaan untuk Kabupaten Melawi--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWIKabupaten Melawi berhasil juara pertama dalam pelayanan KB serentak sejuta akseptor 2024 dan mendapatkan penghargaan tingkat nasional dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI. 

Daerah dengan julukan Kota Juang ini mampu menyisihkan ratusan kebupaten kota se-Indonesia dengan capaian pelayanan KB pasca persalinan tertinggi tingkat nasional.

Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo pada Rabu (26/6/2024).

Penyerahan penghargaan kepada Kabupaten Melawi itu dilakukan dalam momentum apresiasi penghargaan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) dan percepatan penurunan stunting Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31.

 BACA JUGA:Tingginya Kasus ODGJ, Dinkes Melawi Gelar Pelatihan Tenaga Kesehatan Jiwa Selama 5 Hari

Dilansir dari suarapemred.com, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Pintauli Romangasi Siregar memberikan apresiasi kepada Kabupaten Melawi atas keberhasilan mendapatkan juara pertama pelayanan KB sejuta akseptor 2024. Dengan capaian pelayanan KB pasca persalinan terbaik tingkat nasional kategori kabupaten kota.

"Pelayanan KB pasca persalinan itu artinya KB murni, kita akan terus memantau perkembangan di Kabupaten Melawi persentase capaian yang menjadi peserta KB," ungkap Pintauli.

Dirinya menambahkan peningkatan pelayanan KB pasca persalinan juga sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

Dengan kebijakan tersebut diharapkan minimal 70 persen dari jumlah ibu-ibu yang melahirkan bisa menjadi peserta KB.Pintauli menuturkan lewat penghargaan itu Kabupaten Melawi berhasil membuktikan komitmen untuk mencapai target tersebut.

Penghargaan tingkat nasional itu juga membuktikan peningkatan pelayanan KB di Kabupaten Melawi dengan menyasar ibu-ibu pasca persalinan.

"Kita berharap dengan meningkatnya KB pasca salin di Kabupaten Melawi ini ke depan jarak kelahiran menjadi lebih baik, kita berharap setelah melahirkan harus dipasang alat kontrasepsi," tutupnya

Sumber: disway kalbar