Rentcar MaC
Mau iklan?

Mengundurkan Diri Setelah 20 Tahun PM Singapura, Diganti Lawrence Wong Mantan Mentri Keuangan

Mengundurkan Diri Setelah 20 Tahun PM Singapura, Diganti Lawrence Wong Mantan Mentri Keuangan

--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Setelah dua dekade memegang kekuasaan, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, memutuskan untuk mengundurkan diri, menandai akhir dari dominasi politik keluarga Lee di negara tersebut. Lee resmi menyerahkan kontrol kepada Wakil Perdana Menteri dan sekaligus Menteri Keuangan, Lawrence Wong.

 

Sejak kemerdekaannya pada tahun 1965, Singapura telah dipimpin oleh empat perdana menteri yang semuanya berasal dari Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa. Yang pertama adalah Lee Kuan Yew, ayah dari Lee Hsien Loong. Ia dihormati sebagai tokoh utama dalam pembentukan Singapura yang modern dan mengurus negara itu selama 25 tahun.

 

 

Menurut analis, perubahan ini menunjukkan perkembangan dalam kepemimpinan politik Singapura ketika negara tersebut meninggalkan pengaruh keluarga Lee, meskipun Lee akan tetap memegang jabatan sebagai menteri senior di kabinet. Dalam wawancara terbarunya sebagai kepala pemerintahan dengan media lokal pada akhir pekan yang lalu, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada penduduk Singapura atas dukungan mereka.

 

Pada tahun 1984, Lee Hsien Loong memulai karir politiknya dengan menjadi anggota parlemen, saat ayahnya masih menjabat sebagai pemimpin negara. Pada masa pemerintahan Perdana Menteri kedua Singapura, Goh Chok Tong, dia meraih kenaikan pangkat sebelum akhirnya memegang jabatan kepemimpinan pada tahun 2004.

 

BACA JUGA : Cyclist dari 17 Negara & 428 Komunitas berkumpul di Antangin Bromo KOM X, Polda Jatim Siap Kawal

 

Pada awal karier politiknya, dia menjadi pusat perhatian dan diperhatikan dengan cermat. Beberapa pengkritik telah menuduh keluarga Lee terlibat dalam nepotisme dan menciptakan dinasti politik, namun klaim ini telah berulang kali disangkal oleh keluarga Lee.

 

Sumber: disway kalbar