Backlink
Rentcar MaC

KAI Group Dorong Transportasi Berkelanjutan, Layani 78,5 Juta Penumpang dalam Dua Bulan Pertama 2025

KAI Group Dorong Transportasi Berkelanjutan, Layani 78,5 Juta Penumpang dalam Dua Bulan Pertama 2025

--

KAI Group terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan layanan transportasi yang andal, berkelanjutan, dan berkontribusi bagi lingkungan serta masyarakat. Sepanjang Januari–Februari 2025, KAI Group telah melayani sebanyak 78.542.459 penumpang, meningkat 10,34% dibanding periode yang sama pada 2024 yang mencatat 71.181.357 penumpang.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan bahwa pertumbuhan ini merupakan refleksi dari meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api sebagai pilihan utama perjalanan yang efisien, nyaman, dan ramah lingkungan.

“Dari 78.542.459 penumpang, jumlah tersebut terdiri dari 8.412.733 penumpang yang dikelola KAI, 62.917.018 penumpang yang menggunakan layanan KAI Commuter, 1.127.340 penumpang KAI Bandara, 1.007.553 penumpang Whoosh yang dikelola KCIC, 720.784 penumpang LRT Sumatera Selatan, 4.294.524 penumpang LRT Jabodebek, 35.878 penumpang KA Makassar-Parepare, serta 26.629 penumpang yang menikmati layanan KAI Wisata,” ujar Anne.

Lebih lanjut, peningkatan signifikan terjadi di beberapa layanan KAI Group. LRT Jabodebek mencatat lonjakan tertinggi dengan pertumbuhan 74,47% dibandingkan periode Januari–Februari 2024. Disusul oleh KAI Bandara yang meningkat 30,07%, Whoosh dengan kenaikan 23,34%, serta LRT Sumsel yang tumbuh 16,44% dan kereta luxury yang dikelola KAI Wisata meningkat 9,31%. KAI Commuter dan KA yang dikelola KAI Induk juga menunjukkan tren positif dengan peningkatan 7,62% dan 6,65% secara berturut-turut.

Berikut sejumlah layanan KAI Group yang mengalami peningkatan periode Januari – Februari 2025:

- LRT Jabodebek: (2024: 2.461.509 Penumpang menjadi, 2025: 4.294.524 Penumpang)

- KA Bandara: (2024: 866.711 Penumpang menjadi, 2025: 1.127.340 Penumpang)

- Whoosh: (2024: 816.878 Penumpang menjadi, 2025: 1.007.553 Penumpang)

- LRT Sumsel: (2024: 619.022 Penumpang menjadi, 2025: 720.784 Penumpang)

- KAI Wisata: (2024: 24.361 Penumpang menjadi, 2025: 26.629 Penumpang)

- KAI Commuter: (2024: 58.462.550 Penumpang menjadi, 2025: 62.917.018 Penumpang)

- KA JJ dan Lokal yang dikeloa KAI: (2024: 7.888.233 Penumpang menjadi 2025: 8.412.733 Penumpang)

Sejalan dengan visi KAI menggerakkan transportasi berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, peningkatan jumlah penumpang ini tidak hanya mencerminkan kinerja bisnis yang solid, tetapi juga mempertegas peran KAI Group dalam mendukung transisi menuju moda transportasi yang lebih ramah lingkungan. Dengan semakin banyak masyarakat yang beralih ke kereta api, dampak positif terhadap pengurangan emisi karbon juga menjadi lebih nyata.

“KAI terus melangkah maju dengan inovasi berbasis keberlanjutan. Pada Desember 2024 lalu, KAI meluncurkan fitur Carbon Footprint di aplikasi Access by KAI, yang memungkinkan pelanggan menghitung jejak karbon perjalanan mereka. Selain itu, KAI juga menyediakan water station di berbagai stasiun untuk mengurangi konsumsi plastik sekali pakai serta mengganti alat makan di atas kereta dengan wooden cutlery yang lebih ramah lingkungan,” jelas Anne.

Sumber: